Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menpan RB Sampaikan Progres Rekrutmen CASN Tahun 2024


Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat memberikan keterangan pers mengenai pengadaan CASN tahun 2024, di Jakarta, Jumat (03/05).

Dalam Progres pengadaan CASN Tahun 2024 tahun ini merupakan yang terbesar sepanjang 10 tahun terakhir. Ini sangat di tunggu tunggu sekali oleh masyarakat. Khususnya dalam menyelesaikan Tenaga Non ASN yang tersisa sebesar 1,8 juta orang. Termasuk untuk Fresh Graduate karena kebijakan di tahun ini selain untuk menyelesaikan Non asn ini termasuk ini yang berjumlah 600.000 ribu orang. 

Tetapi kenapa tidak segera di umumkan karena tahun lalu diumumkan langsung oleh KemenpanRB. Tetapi Tahun ini diserahkan langsung ke pemerintah daerah.

Karena yang tau proritas masing-masing namun. Ketika diberikan nyatanya bukan mudah dan membutuhkan koordinasi. Yang sudah dilakukan dari tanggal 5 diperpanjang hingga Tanggal 20 kemudian ke tanggal 30.

Sebagian intansi sudah mengirimkan sebagian lagi belum mengirimkan jumlah Rincian Formasi. 

Tentunya ini sejalan dengan arahan Prosiden Joko Widodo tentang Reformasi Birokrasi bahwa akan berdampak kedepannya untuk 

1. Birokrasi yang berdampak 

2. Reformasi Birokrasi Bukan tumpukan kertas 

3. Birokrasi Lincah dan Cepat.

Formasi yang berisi talenta digital karena berbasis digital Id dan memudahkan masyarakat dimudahkan tidak mengisi berulang-ulang.

Dasar Reulasj Perncanaan Kebutuhan ASN dalam UU No 20/2023 Tentang Aparatur Sipil Negera diantaranya sebagai berikut :

1. Menteri PANRB menetapkan perencanaan kebutuhan artinya Pegawai ASN secara nasional berdasarkan Proritas Nasional sesuai dengan rencana pembangunan Jangka menengah nasional serta dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan negara 

2. Kebijakan Perencanaan kebutuhan Pegawai ASN merupakan panduan bagi intansi pemerintah dalam menyusun kebutuhan Pegawai ASN.

3. Intansi pemerintah menyusun rencana kebutuhan Pegawai ASN sesuai dengan  kebijakan perencanaan kebutuhan Pegawai ASN.

Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No 173 Tahun 2024 BKN menyampaikan Rincian Kebutuhan ASN dalam bentuk pertimbangan Teknis kepada Menteri PANRB dalam 35 hari sejak intansi pemerintah menerima persetujuan prinsip jumlah Kebutuhan ASN.

Dalam Hal ini tentunya 

1. Penyusunan rincian kebutuhan ASN Tahun 2024 telah dilakukan pada tanggal 15 Maret 2024 sampai Maret 2024.

2. Penyusunan rincian kebutuhan ASN diperpanjang hingga 30 April 2024.

3. Data rincian kebutuhan telah dikirim ke Kementerian PANRB per 18 April 2024.

Keterlambatan dalam penyampaian rincian intansi ini sebabkan karena ada beberapa  alasan di antaranya : 

1. Masih ada intansi yang belum selesai menetapkan rincian usulan kebutuhan kerena formasi yang didapatkan cukup besar tentunya menyebabkan keterlambatan usulan ini serta masih melakukan pemetaan Jabatan. Misalnya Kementerian yang mendapatkan formasi 10.000 ribu ini memerlukan waktu.

2. Keterlambatan informasi mendata tenaga Non ASN baik Jumlah dan kualifikasi serta Jabatan yang diusulkan. Sehingga harus mendata jumlah non ASN ini.

3. Keterlambatan belum selesainya permuktahiran data pada Layanan SIASN BKN. 

Berikut data Progess Usulan Rincian Kebutuhan ASN per Mei 2024 ada 602 Intansi Pemerintah Telah mendata pada Rincian SIASN BKN dengan rincian sebagai berikut:

  • 4 intansi belum membuat rincian 
  • 36 intansi dalam proses perincian formasi pada layanan Elektronik SIASN BKN
  • 38 Intansi Telah mengirimkan Rincian dalam progess Digital Signature (DS) SPTJM oleh PPK Intansi Pemerintah.
  • 371 Intansi telah di validasi dan dalam proses verifikasi oleh BKN. 
  • 152 Intansi telah selesai di validasi oleh BKN sehingga telah proses Digital Signature Kepala BKN.
Di Tahun 2024 ini dalam Hal CPNS tentunya Pemerintah merekrut 22.732 Talenta digital dan 794 Auditor yang ditetapkan sebagai berikut:
  • Talenta disigutak Di IKN Berjumlah 2.906
  • Talenta Digital di Pemerintah Daerah 19.817 
  • Pemenuhan SDM APIP (Auditor) untuk mendorong pemerintah lebih bagus 
Tentunya Dalam pemenuhan SDM di IKN di antaranya sebesar 71.643 yang dibedakan menjadi 14.114 untuk CPNS dan 57.529 untuk PPPK.

Berikut Jadwal Seleksi CPNS Tahun 2024 yang telah disampaikan oleh BKN.

1. Bulan Mei Minggu ke dua dibuka untuk Sekolah kedinasan setelah koordinasi secara Teknis oleh BKN

2. Seleksi CASN 2024 rencana akan dilakukan Bulan Juni atau Juli setelah intansi menerima Surat KemenpanRB tentang Penetapan Kebutuhan Formasi Pegawai ASN selanjutnya intansi pemerintah pemerintah berkoordinasi dengan BKN untuk Pengumuman Formasi.

Bahwasanya ada Himbauan dari Ombudsman untuk pengadaan CASN tahun 2024 ini di tunda sehingga Berdarkan Keputusan UUD ASN no 20 tahun 2023 bahwa Penyelesaian Untuk Tenaga honorer selambat lambatnya tanggal 30 Desember 2024. Sehingga penyelenggaraan CASN Tahun 2024 ini tidak data ditunda "Penjelasan Anas".

Berikut Alasan BKN tidak Menundah Proses Seleksi CPNS di Tahun 2024 sebagai berikut :

  • Tidak Mungkin ada data baru yang di masuk daerah ke BKN karena sudah di Kunci sesuai dengan Arahan Presiden. Mereka yang akan diselesaikan adalah yang terdata dalam Database BKN. Sehingga dengan demikian bahwa adanya ada baru karena proses politik ini tidak karena harus tercantum di database BKN.
  •  Proses Seleksi nantinya menjunjung tinggi Transparansi dengan sistem Live Score pada saat Tes. Sehingga terlihat hasil tes sehingga tidak apalagi Ordal.
Demikian Informasi terkait Menpan RB Sampaikan Progres Rekrutmen CASN Tahun 2024. Dalam Jabatan yang dapat Kami sampaikan, Semoga bermanfaat. Jika Informasi ini bermanfaat Jangan Lupa share terimakasih. 

Wassamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.